Ingin Gabung FLP dan Dapatkan NRA, Begini Caranya!

sumber : dokumen pribadi

Sahabat FLPers, menjadi penulis yang profesional dan didukung oleh lingkungan yang support terhadap hobi kita tentu menjadi dambaan bagi sebagian penulis. Itulah kenapa, FLP menawarkan untuk menjadi kawah candradimuka bagi penulis yang ingin mengembangkan diri dan memiliki nilai dalam karyanya. 

Apa Itu FLP?

Rasanya tidak ada salahnya kita berkenalan dengan FLP kembali. FLP atau Forum Lingkar Pena merupakan organisasi kepenulisan terbesar yang ada Indonesia. Forum ini memiliki tingkat kepengurusan yang secara struktural terdiri dari Badan Pengurus Pusat hingga Pengurus Ranting. 

FLP berdiri sejak tanggal 22 Februari 1997 yang didirikan oleh penulis kawakan dari Universitas Indonesia yaitu Helvy Tiana Rosa, Asma Nadia dan Muthmainnah yang hari ini karya-karya mereka ramai diperbincangkan dan beberapa di antaranya hingga diadopsi ke layar lebar. 

Perjalanan panjang FLP hingga dua dekade ini merupakan semangat para penulis Indonesia yang mengedepankan nilai-nilai kepenulisan, keislaman dan keorganisasian yang kemudian disebut dengan 3 Pilar Forum Lingkar Pena. 

Secara umum banyak aktivis FLP yang dasar aktivitas kesehariannya bukan hanya sebagai penulis di antaranya ada dari kalangan pejabat, akademisi, guru, mahasiswa, pelajar hingga anak-anak yang menaruh perhatian besar pada semangat literasi. Mereka mampu untuk produktif dalam memberikan konten-konten kreatif, inovatif dan tentunya mencerahkan. 

Dari kesekian konten yang diproduksi oleh anggota FLP tentu sangat variatif diantaranya ada yang fokus pada konten fiksi, non fiksi bahkan ada pula keduanya. Selain aktif dalam memproduksi tulisan-tulisan, aktivis FLP juga sering melakukan aksi sosial bahkan turun tangan dalam penanggulangan kebencanaan sehingga ada aksi nyata di lapangan yang dapat dilihat dan dirasakan oleh masyarakat. 

Bagaimana Cara Bergabung dengan FLP

Pada dasarnya Forum Lingkar Pena sangat terbuka bagi seluruh masyarakat Indonesia tanpa memandang latar belakang, etnis, suku, agama atau golongan apapun. Kendati demikian, FLP sebagai organisasi yang secara rigid diatur oleh Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga sehingga FLP perlu memberikan beberapa kriteria calon anggota untuk bergabung kedalamnya. 

Adapun syarat untuk menjadi anggota FLP di antaranya, 

  1. Warga Negara Indonesia 
  2. WNA dengan syarat ditentukan kemudian*
  3. Berusia minimal 13 tahun 
  4. Memiliki minat terhadap Islam
  5. Siap sepenuhnya mematuhi Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga FLP

Jika hal itu sudah di dalam sahabat FLPers dan mantap untuk bergabung dengan FLP maka selanjutnya adalah mendaftarkan diri ke FLP. FLP memiliki struktur kepemimpinan mulai dari pusat hingga ranting carilah kepengurusan FLP di setiap kota atau kabupaten yang ada di wilayah sahabat FLPers atau jika tidak menemukannya dapat menghubungi media sosial FLP Wilayah. 

Sahabat FLPers juga dapat mengunjungi website resmi FLP untuk mendapatkan info jaringan kepengurusan disetiap wilayah mereka sudah ada kontak yang dapat dihubungi sehingga dapat diarahkan oleh mereka. Silakan kunjungi https://flp.or.id/ . 

Dapatkan NRA dan Selamat Beraktivitas Sebagai FLPers Resmi

Setelah sahabat FLPers bergabung dengan FLP di masing-masing cabang atau rantingnya. Sahabat mungkin akan diarahkan untuk mengikuti sebuah proses perekrutan sebagai kawah candaradimuka untuk ditempa menjadi kader FLP yang militan. 

Tidak ada aturan khusus dalam FLP dalam proses perekrutan di setiap cabang atau rantingnya karena FLP meyakini setiap daerah memiliki  kekhasannya masing-masing. Hal ini dilakukan untuk membentuk pengurus FLP yang kreatif dan inovatif serta mengedepankan khazanah kearifan lokal (local wisdom). 

Di FLP Kabupaten Sukabumi kami memiliki proses perekrutan anggota melalui kegiatan Sekolah Penulis Muda (SPM) sebagai gerbang utama seorang kader FLP dalam melakukan aktivitas kegiatan literasi di Forum Lingkar Pena Kabupaten Sukabumi. Hal ini mungkin akan berbeda jika dibandingkan dengan daerah lainnya. 

Kendati demikian, FLP tetap memiliki kurukulum perkaderan dari semua jenjang perkaderan. Karena FLP sendiri memiliki tiga tingkatan untuk proses kaderisasi hingga menjadi penulis profesional. Jenjang tersebut diantaranya tingkat Muda, Madya dan Andal. Ketiga jenjang tersebut dimaksudkan untuk mengukur seberapa produktif dan berkualitasnya tulisan yang kita miliki dan tentu saja semua melalui proses dan tahapan yang terukur berdasarkan kurikulum perkaderan. 

Adapun ketika kita telah dinyatakan lulus dalam sebuah proses perekrutan maka, pengurus cabang akan melakukan registrasi ke Badan Pengurus Pusat melalui laman resmi FLP. Hal-hal yang perlu diurus dalam proses registrasi ini nantinya akan mendapatkan Nomor Registrasi Anggota (NRA) dalam artian sahabat FLPers telah resmi menjadi anggota. 

Lantas apa saja keuntungan yang akan didapat dengan adanya Nomor Registrasi Anggota?

  1. Pengakuan secara resmi FLP terhadap sahabat FLPers sebagai anggota
  2. Mendapatkan prioritas dalam berproses menjadi pimpinan FLP 
  3. Mendapatkan prioritas mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh FLP secara Regional maupun Nasional. 
  4. Mendapatkan diskon atau potongan harga dalam kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh FLP. 

Selain itu, hal ini dilakukan untuk melihat seberapa besar kuantitas kader FLP yang dimiliki di Indonesia dan Luar Negeri. Serta bentuk dari keseriusan FLP untuk mengelola kader-kadernya sehingga menjadi lebih termotivasi dan produktif dalam berkarya. 

Menarik bukan? berminat untuk bergabung dengan FLP Kabupaten Sukabumi? ayo bergabung bersama kami sekarang juga. 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url