Diskusi Sastra di Al Kausar

.
Bagaimana Cara Membuat Cerita yang Baik?
.
Bagi penulis pemula, barangkali pertanyaan itu adalah salah satu yang selalu bersarang di dalam benak. Padahal, sebagaimana yang disampaikan oleh kang @boim.lebon17, bahwa menulis itu mudah dan menyenangkan, lho!
.
Caranya gampang sekali. Untuk latihan pertama, penulis serial Lupus Kecil tersebut meminta para peserta untuk menuliskan cita-cita mereka, tetapi beserta narasi. Sontak, semua siswa Al-Kausar riuh dan perlahan memberanikan diri untuk menggoreskan pena mereka.
.
Setelahnya, produser RCTI tersebut mengajarkan cara mudah membuat tokoh, yakni dengan cara menggambarkan ciri fisik dan sifat dari teman-teman dekat kita. Dengan metode ini, tidak ada anak yang merasa kesulitan membuat suatu karakter karena telah memiliki contoh nyata yang bisa diambil.
.
Terakhir, penasihat BPP @flpoke tersebut menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan bagaimana cara mendapatkan ide. Salah satu kiat yang disampaikan pada kesempatan siang hari itu adalah dengan menggunakan pengalaman orang lain sebagai bahan cerita.
.
Di penghujung sesi, tulisan anak-anak dikumpulkan oleh panitia untuk dinilai dan yang paling bagus akan diberikan hadiah. Dari binar mata peserta, tampaknya kini kesulitan awal mereka dalam menulis telah menghilang, berganti dengan antusiasme untuk berkarya.
.
Semoga saja semangat tersebut bisa terus dipupuk untuk menjadi calon penulis hebat di masa mendatang. Sebab, menulis itu mudah dan menyenangkan 😄
.
Barakallahu fiik.
.
Sukabumi, 9 Februari 2019
@flpkabsukabumi & @flpjabar
.
:: Dikembangkan dari catatan @albi.hanif ::
CC: @flptv.pusat
.
Penulis dan Editor: @agi_eka

#Author#Reader#DiskusiSastra#Sastra#
#Sukabumi
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url