4 Prestasi Khalifah Harun Al Rasyid, Rangking 1 Daulah Abbasiyah


Selama 23 tahun masa pemerintahannya (789-803M), Khalifah Harun Al-Rasyid memiliki banyak sekali prestasi yang patut dibanggakan umat Islam.

Pemimpin Islam berprestasi ini bahkan bisa disejajarkan dengan Khalifah Umar bin Abdul Aziz, cicit Umar bin Khattab.

Perintah dan kebijakan yang dilakukan beliau pada saat itu berhasil menjadikannya sebagai salah satu khalifah paling berprestasi di Daulah Abbasiyah.

Berikut adalah 7 dari sekian banyak prestasi yang pernah dicapai Harun Al-Rasyid:

1. Pemimpin Paling Sukses di Dunia pada Masanya

Selain di Daulah Abbasiyah dan sejarah peradaban Islam, nama Harun Al-Rasyid juga terkenal sampai ke seluruh dunia. Mengutip Jurnal dari situs resmi institut agama Islam negeri (IAIN) Ternate: 

“Dalam tulisan sejarah disebutkan bahwa pada abad kesembilan ada dua nama Raja besar yang paling gemilang pada masanya dalam urusan-urusan dunia, yaitu Charlemagne di Barat dan Harun Ar- Rasyid di Timur. Di antara kedua Raja tersebut yang paling berjaya pada masanya adalah Harun Ar Rasyid yang dapat mengembangkan Dinasti nya menjadi Dinasti yang kaya akan kebudayaan yang tinggi.”

 

2. Pembangunan Infrastruktur yang Merata

Kas negara saat itu banyak digunakan untuk pembangunan infrastruktur ketimbang memakmurkan diri sendiri.

Banyak fasilitas umum seperti kamar mandi, taman, jalan dan pasar dibangun dengan kualitas terbaik agar rakyat merasakan manfaatnya. 

3. Baghdad Menjadi Negeri 1001 Malam

Harun Al-Rasyid sangat peduli dengan budaya dan ilmu pengetahuan.

Hal ini ditandai dengan hormatnya beliau dengan para ulama saat itu. Banyak ulama dikumpulkan untuk ikut membangun pemerintahan.

Perpustakaan serta pusat riset dan ilmu pengetahuan (Baitul Hikmah) sengaja dibangun di Baghdad untuk menunjang perkembangan ilmu pengetahuan. 

Masjid, rumah sakit, sekolah, universitas juga banyak dibangun di Baghdad.

Langkah-langkah tersebut menjadikan Baghdad menjadi kota yang sangat berkembang pesat peradabannya. Banyak orang yang mengatakan bahwa Baghdad saat itu seperti negeri 1001 malam. 

Saingan di bawah Baghdad saat itu adalah Konstantinopel dengan ibukotanya, Byzantium.

4. Gaji Ulama dan Ilmuwan yang Sangat Tinggi

Sadar akan pentingnya pendidikan agama dan ilmu pengetahuan, Harun Al-Rasyid juga memberikan gaji serta tunjangan yang tinggi untuk ulama dan ilmuwan.

Banyak tokoh dan ulama Islam melahirkan karya dan pemikiran yang sampai saat ini sering dipakai. Misalnya: Ibnu Sina di bidang kedokteran, Ibnu Rusyd bidang Filsafat, Abu Nawas dalam bidang sastra. Ada juga Imam Malik, Imam Hanafi, Imam Syafi'i dan Imam Ahmad bin Hambal.


Wallohu ‘Alam


Sumber:

Republika.id 

Kompas.com 

Journal.iain-ternate.ac.id


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url