Sepenggal Kisah dari FLP Cabang Kabupaten Sukabumi. Dari Muscab, sampai dengan Kerja Membangun Literasi di Kabupaten Sukabumi.

 

Dok. D.Lazwardy


Sepenggal Kisah dari FLP Cabang Kabupaten Sukabumi. Dari Muscab, sampai dengan Kerja Membangun Literasi di Kabupaten Sukabumi

Sebagai salah satu cabang forum lingkar pena (FLP), FLP Cabang Kabupaten Sukabumi ingin menjadi bagian dari gerakan membangun literasi di masyarakat yang sudah dilakukan FLP pusat, wilayah dan cabang lain di seluruh jaringan FLP baik Indonesia maupun Dunia

Untuk memenuhi keinginan tersebut, FLP Cabang Kabupaten Sukabumi terus belajar dan memantapkan diri supaya bisa melalui setiap prosesnya. Termasuk salah satunya adalah menjalankan amanat organisasi berupa Muscab dan menjalankan agenda kepengurusan.

Berikut adalah sepenggal kisah yang diharapkan bisa menjadi dokumentasi bahwa kami, FLP Cabang Kabupaten Sukabumi masih ada! Kami siap membangun literasi untuk negeri.

Muscab IV FLP Cabang Kabupaten Sukabumi : Kami Siap Bersinergi!

Dok. D.Lazwardy

Sukabumi - Sabtu 10 Januari 2021, FLP Cabang Kabupaten Sukabumi telah melaksanakan musyarawah cabang (Muscab) ke empat sebagai tanda bahwa organisasi literasi ini masih ada dan siap bersinergi untuk membangun literasi di Kabupaten Sukabumi.

Dilaksanakan di Kabupaten Sukabumi, tepatnya di gedung serbaguna Yayasan Baitul Makmur Indonesia (BMI) Kp. Pasir Muncang RT 17 RW 05, Desa. Cipanengah, Kab. Sukabumi

Muscab IV FLP Cabang Kabupaten Sukabumi ini berlangsung dengan lancar tanpa ada hambatan sedikitpun. Selain pengurus dan anggota, Muscab IV turut dihadiri oleh perwakilan FLP Wilayah Jawa Barat yaitu Kang Haris Abdullah selaku Divisi Humas FLP Wilayah Jawa Barat.

Agenda Muscab IV ini menghasilkan beberapa point penting diantaranya adalah sebagai berikut :



  1. Ditetapkannya Sulaeman Daud, S.Pd sebagai Ketua FLP Cabang Kabupaten Sukabumi, Periode 2020-2022
  2. Telah dibentuk kepengurusan baru periode 2020-2022
  3. Menentukan program-program apa saja yang akan dijalankan oleh FLP Cabang Kabupaten Sukabumi
  4. Seminar Kepenulisan : Tips menulis cerpen oleh Kang Dika Pramana. Disaksikan langsung oleh peserta Muscab IV
  5. Rencana Pembentukan Ranting-ranting di beberapa Kecamatan dan Universitas yang ada di Kabupaten Sukabumi.

Ketika Muscab IV FLP Cabang Kabupaten Sukabumi dimulai

Dok. D.Lazwardy

Agenda dimulai pukul 12.00 WIB (10/01). Panitia melakukan registrasi dan pengecekan terhadap peserta yang akan mengikuti kegiatan Muscab.

Selanjutnya  peserta mendapatkan materi kepenulisan secara daring melalui webinar interaktif yang diisi oleh Kang Dika dari FLP Wilayah Jawa Barat

Tidak hanya menyaksikan, peserta yang hadir juga ikut berinteraksi dengan melaksanakan tugas yang diberikan oleh pemateri. Salah satunya yaitu tugas membuat 2 paragraf pembuka yang menjelaskan tentang latar di dalam cerpen.

Agenda utama Muscab sendiri dilaksanakan sekitar pukul 21.00 WIB, dan berakhir tepat pukul 23.00 WIB. Menghasilkan beberapa point yang sudah disebutkan sebelumnya.

Secara resmi, Muscab IV FLP Cabang Kabupaten Sukabumi ditutup pada Minggu, 11 Januari 2021 pada pukul 8.00 WIB. Setelahnya, beberapa peserta dan panitia membubarkan diri. Beberapa lain mencoba bertahan sambil menikmati udara pagi khas pedesaan Kabupaten Sukabumi.

Berada tepat di Kaki Gunung Salak,  tempat Muscab ini menjadi salah satu tempat yang asyik untuk menikmati kesejukan dan keindahan alam.

Dok. D.Lazwardy


Selesai Muscab, Waktunya bekerja!

Seolah sadar dengan banyaknya program yang sudah menunggu untuk dikerjakan, pengurus baru langsung bersinergi, merapatkan barisan dan menyatukan kekuatan untuk membangun literasi di Kabupaten Sukabumi.

flpkabsi.com



Salah satu yang pengurus baru  kerjakan adalah membuat blog flpkabsi.com sebagai portal media FLP Cabang Kabupaten Sukabumi. Sekaligus jembatan bagi para pengurus untuk membangun literasi di kabupaten Sukabumi. 

Meski belum banyak artikel yang diterbitkan, mengingat umurnya yang masih baru lahir. Tetapi pengurus optimis bahwa blog tersebut akan sukses menjadi jembatan yang menghubungkan literasi dengan masyarakat Kabupaten Sukabumi.

Seminar Kepenulisan, Membangun Literasi Untuk Masyarakat


Program selanjutnya yang juga langsung menjadi perhatian pengurus adalah mengadakan seminar literasi secara rutin. Untuk permulaan, seminar pertama diadakan secara daring, dengan mengundang Kang Yanuardi Syukur sebagai pembicaranya.

Seminar ini diadakan pada Sabtu, 23 Januari 2021. Tepatnya pada pukul 20.00 WIB dengan menggunakan aplikasi Google Meet.

Seminar kepenulisan selanjutnya akan diadakan beberapa hari setelahnya. Juga akan mendatangkan pemateri terbaik yang dimiliki oleh Forum Lingkar Pena. Bersinergi dengan beberapa komunitas lain di Sukabumi maupun luar Sukabumi.

Program lainnya

Selain program yang sudah dibahas di atas, pengurus baru juga giat menyatukan pengurus untuk ikut serta memeriahkan kegiatan lain seperti :

  1. Ikut serta memeriahkan lomba membuat buku antologi cerpen yang diadakan oleh FLP Wilayah Jawa Barat
  2. Mempersiapkan agenda menyambut Milad ke-24 FLP
  3. Dan lain sebagainya 

Penutup 

Sekian sepenggal kisah tentang salah satu cabang forum lingkar pena (FLP) yang ada wilayah Jawa Barat. FLP Kabupaten Sukabumi siap bekerja, dan bersinergi dengan masyarakat. Semua kegiatan akan dilakukan untuk tercapainya mimpi organisasi yaitu berkarya, berbakti dan berarti.


Next Post Previous Post
17 Comments
  • Sulaeman Daud
    Sulaeman Daud 25 Januari 2021 pukul 04.07

    Bismillahirrahmanirrahim. Semoga Allah senantiasa mengiringi dan merdihoi kerja2 kita. Aamiin

    • FLPKabSi
      FLPKabSi 30 Januari 2021 pukul 06.31

      aamiin ya muhibassailin Pak Ketua kita

  • Dian Restu Agustina
    Dian Restu Agustina 27 Januari 2021 pukul 03.27

    Keren euy FLP Sukabumi, langsung gercep setelah sukses Muscab IV nya..ada blog, seminar kepenulisan dan agenda lainnya. Semoga tercapai mimpi organisasi yaitu berkarya, berbakti dan berarti bagi sesama

    • FLPKabSi
      FLPKabSi 30 Januari 2021 pukul 06.32

      Alhamdulillah Kak, makasih nih sudah mampir. sama doánya juga. aamiiin ya robbal alamiiin. doá terbaik juga untuk Kak Dian ya

  • Mutia Ramadhani
    Mutia Ramadhani 27 Januari 2021 pukul 18.30

    Selamat kepada pengurus baru yang terpilih, khususnya Bp Sulaeman Daud dan tim. Semoga semakin berkibar ya FLP Kabupaten Sukabumi.

    • FLPKabSi
      FLPKabSi 30 Januari 2021 pukul 06.34

      aamiiin amiin ya robbal alamiin. terimakasih untuk doa dan dukungannya ya. doa terbaik untuk Kak Mutia

  • Inova Melisa
    Inova Melisa 28 Januari 2021 pukul 03.20

    Ikut senang atas terpilihnya pengurus baru forum lingkar pena (FLP) Cabang Kabupaten Sukabumi di Muscab IV FLP, semoga semakin berjaya dan bermanfaat bagi sesama.Aminn

  • Kuliner Asyik
    Kuliner Asyik 28 Januari 2021 pukul 17.07

    Wah seru ya, FLP tetap banyak aktivitas nya meskipun mas pandemi. Smoga sukses utk agenda²nya yaa..

  • blogger parenting
    blogger parenting 28 Januari 2021 pukul 18.31

    Keren ya FLP Sukabumi, tetap eksis dan banyak sekali programnya.
    Saya dulu pertama kali kenal FLP saat masih SMA. Kakak mengajak gabung. Tapi saya gak lulus dulu, cuma si kakak saja. Tapi sayangnya dia gak aktif lagi di FLP sumatera/Medan .

  • Ella Fitria
    Ella Fitria 28 Januari 2021 pukul 19.08

    waahh salam hormatku untuk teman2 FLP Sukabumi. semoga sehat selalu, terus menginspirasi dan sukses untuk kegiatan2 yang ada.. jangan lupa tetap stay safe ya, kak. agenda kegaitannya seru2 banget. menarik untuk diikuti nih :)

  • Bayu Fitri
    Bayu Fitri 28 Januari 2021 pukul 23.10

    sering lihat cerita dan agenda FLP jadi tertarik untuk bergabung , sukses terus ya FLP Sukabumi

  • Rohyati Sofjan
    Rohyati Sofjan 29 Januari 2021 pukul 00.30

    Sudah lama saya kehilangan kabar terbaru agenda acara FLP sejak majalah Annida berhenti terbit.
    Ternyata masih banyak cabangnya yang eksis. Alhamdulillah.
    Saya tidak pernah gabung di FLP tetapi menaruh harapan semoga literasi Indonesia terus bergerak dengan kerja sama kompak agar masyarakat tergugah untuk melek literatur dan literasi.

  • Bayu Haryanto
    Bayu Haryanto 29 Januari 2021 pukul 01.23

    Selamat ya untuk pelantikannya dan dapat berkontribusi untuk masyarakat banyak. Terlebih dalam meningkatkan literasi masyarakat

  • Han
    Han 30 Januari 2021 pukul 04.01

    MasyaAllah kereen. Kapan ya aku bisa gabung FLP jugaa. Nggapernah tau infonya di daerah ku sini Bang

  • Sabrina
    Sabrina 30 Januari 2021 pukul 05.57

    wah serunya ya tergabung dengan FLP ini, saya jadi pengen ikut gabung niy, ternyata ada ya di Sukabumi

  • Nurhilmiyah
    Nurhilmiyah 30 Januari 2021 pukul 06.05

    Wah selamat dan sukses yaa Flp Sukabumi, waktunya merealisasikan program kerja, semoga sesuai dengan rencana yaa...

    Kl Flp sy dulu pernah bincang² langsung dg Almh. Mbak Nurul F. Huda. Inspiratif sekali beliau ya, hiks

  • Shyntako
    Shyntako 7 Februari 2021 pukul 07.00

    sukses selalu yaa untuk flp sukabumi semoga bisa selalu semangat memberikan edukasi literasi untuk masyarakat dengan menyajikan konten yang berkualitas dan anti hoaks

Add Comment
comment url